Senin, 26 Oktober 2015

APAKAH OLAHRAGA FUTSAL MALAM BOLEH!?

Monggooo....

Olahraga biasanya dilakukan di pagi hari. Namun pada jaman sekarang ini, aktifitas sehari-hari membuat banyak orang tidak sempat melakukannya pada pagi hari. terutama pada olahraga futsal, banyak orang yang sering melakukan olahraga futsal pada malam hari. Hal itu pula yang menyebabkan tarif futsal di beberapa lapangan menjadi lebih mahal pada sore sampai malam hari.

Dokter spesialis olahraga, dr Tanya RM Rotikan, SpKO dan pengajar di Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Drs Sumardiyanto, M.Pd merekomendasikan, olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari, tetapi dapat juga dilakukan di malam hari, tetapi ada aturan yang harus di penuhi,

harus memperhatikan pengaturan waktu antara aktivitas dan jam tidur.
harus dipertimbangkan jarak antara makan dan olahraga, jika setelah olahraga langsung melakukan makan berat, dapat menimbulkan gangguan pencernaan. Dan makanlah dengan selang waktu 2 jam sebelum dan sesudah olahraga.
Jarak waktu antara olahraga dan tidur juga harus diperhatikan, tidur di perbolehkan 2 jam setelah berolahraga. mengapa demikian? beliau menjelaskan usai melakukan aktivitas fisik, hormon-hormon seperti endorphin dan sebagainya akan meningkat. “Kalau dipaksakan tidur setelah olahraga, proses penurunan hormon-hormon tadi akan membuat mereka terbangun. Jadi, perlu jarak waktu kira-kira dua jam antara aktivitas fisik dan jam tidur untuk menurunkan hormon.
Olahraga malam tidaklah dilarang, tetapi kurang baik bagi seseorang yang tidak biasa melakukannya di malam hari, karena tentunya cuaca malam kurang bersahabat dibandingkan pada pagi hari.

2 komentar: