Jumat, 13 November 2015

Rahasia Kecil yang Akan Mendongkrak Akselerasi Anda Saat Bermain Futsal Hingga 200%


Beberapa orang terlahir dengan bakat natural sebagai pemain yang lincah. Merekapun sadar akan kelebihan mereka dan berlatih keras memaksimalkan keunggulan tersebut. Semula posisi mereka sama dengan kebanyakan orang, yakni orang-orang yang tak memiliki kelincahan dalam hal gaya bermain dan mentalitas. Namun seiring waktu karena mereka terus-menerus memanfaatkan kelincahan untuk unggul dalam pertandingan, perlahan-lahan sebagian dari mereka menemukan rahasia kecil yang tak dapat disadari kebanyakan pemain biasa kecuali yang berpengamatan tajam.

Rahasia yang mendongkrak akselerasi mereka hingga 200%.

Terdengar mengada-ngada? Sebenarnya disebut rahasia juga antara ya dan tidak. Ya, karena orang yang telah mengetahuinya LANGSUNG menerapkannya tanpa berdiskusi dengan orang lain. Mereka juga LANGSUNG merasakan tanpa sadar karena dampaknya yang terlalu halus. Tiba-tiba saja seluruh permainannya berlangsung lancar. Performanya meningkat on fire. Dan peluang-peluang yang nyaris mustahil dapat ia eksekusi dengan brilian.

Dikatakan tidak juga karena rahasia ini tidaklah tersembunyi. Banyak orang yang tahu tapi sedikit yang merasakan bagaimana melakukannya. Orang-orang yang sedikit menyadari rahasia ini dan langsung menerapkannya, sementara kebanyakan orang tahu dan melupakannya. Bila dikiaskan dalam jumlah, dari 1000 pemain futsal pemula hanya 200 bahkan lebih sedikit di antaranya yang serius menerapkan rahasia ini dan berubah menonjol.

Lalu, apakah rahasia itu? Tanpa memperpanjang rasa penasaran Anda rahasia itu adalah sikap lari yang benar. Titik. (Sebenarnya belum titik...)

Sikap lari yang benar dapat mendongkrak kecepatan Anda dalam berlari hingga 200%. Sikap lari yang benar dapat meningkatkan kecepatan Anda bereaksi hingga 200%. Dan sikap lari yang benar dapat meningkatkan kontrol bola Anda hingga 200%. Jika Anda mengerti angka ini, dalam sepakbola dan futsal persentase seperti itu amatlah fantastis. Pernah dengar tentang produsen apparel sepakbola yang merombak bahan jersey pemain bola, hanya untuk mendapatkan angka sekitar 5-7%? Seolah kaos yang lebih ringan 5% dapat merubah permainan seseorang, sedangkan ini 200%! Dampaknya akan sangat besar meski terasa halus.

Dan bagaimanakah sikap lari yang benar itu? Tahu kesamaan dari hal berikut: ninja, pendekar kungfu, dan sprinter? Ok, cukup pelari sprinternya saja.Perhatikanlah para pelari sprinter, saat mereka berlari mereka selalu melakukan tiga hal: bersedia, siap, dan lari! Mereka tidak serta-merta berlari begitu saja. Ada transisi dari posisi diam menuju sikap berlari. Dan mereka melakukannya dengan menjinjit. Ya, menjinjitkan kaki. Itu lho berpijak pada jari kaki sementara tumit diangkat. Gerakan kecil ini yang membuat transisi mereka dari diam menuju lari menjadi lebih cepat dan mulus.

Bayangkan seorang sprinter yang tak melakukan ancang-ancang tentu tak bisa langsung berlari kan? Sama halnya dengan bermain futsal. Anda tak bisa mengontrol bola dengan cepat bila telapak kaki Anda rata dengan tanah. Dikira-kira saja waktu dari kaki Anda yang rata dengan tanah (artinya berdiri seperti biasa tanpa menjinjit), hingga waktu mengangkat kaki dan mengontrol bola memakan waktu 2 detik. Dengan menjinjit, Anda telah menghemat waktu sekitar satu detik karena tak perlu lagi gerakan transisi. Anda tinggal menjulurkan kaki Anda.

Pun demikian bila Anda ingin meningkatkannya lagi lebih cepat sampai 0,5 detik (itu berarti 400%!). Anda tinggal menjinjit, dan melompat ke arah bola (tidak seperti kebanyakan orang yang menunggu datangnya bola). Angka-angka tersebut amatlah remeh. Namun dalam futsal, sebagaimana ditunjukkan di sepakbola, angka-angka seperti sepersekian detik saja sudah membuat perbedaan. Sepersekian detik itu yang akan menjauhkan bola yang Anda giring.
SEMOGA BERMANFAAT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar